Monday, April 30, 2018

Wisata Kuliner dan Oleh-Oleh di Banyuwangi

Wisata Kuliner - Sekitaran 2 hari yang lalu, saya akhirnya menginjakkan kaki di kota paling timur Pulau Jawa, yakni Banyuwangi. Menghabiskan sekitaran 4 hari 3 malam disana, saya juga segera jatuh cinta dengan kota ini. Argumennya, apa sekali lagi apabila bukanlah karna kuliner ciri khas Banyuwangi yang lezat tidak terkira.

Pergi ke Banyuwangi, janganlah cuma berwisata alam saja. Siapkan saat 1-2 hari untuk berwisata kuliner ciri khas yang betul-betul unik serta lezat. Di jamin, akan tidak dapat anda dapatkan di daerah beda. Saat pulang, beragam oleh-oleh ciri khas juga jangan pernah terlewati untuk dibeli serta jadi oleh-oleh untuk beberapa orang tersayang.

Rujak Soto


Makanan satu ini mungkin saja dapat buat anda bingung dengan namanya. Jadi, ini rujak atau soto? Jawabannya bukanlah keduanya. Rujak soto menjadi makanan ciri khas Banyuwangi hasil penggabungan rujak sayur serta soto babat.

Rujak sayur berisi sayuran rebus, lontong, telur, serta potongan cingur disiram dengan kuah soto dan diberi potongan babat. Rasanya benar-benar gurih serta segar. Tidak merasa berat sekalipun, kendati memakai 2 jenis jeroan per porsinya. Waktu memakan rujak soto, janganlah lupa berikan sambal kacang petis yang senantiasa ada diatas meja untuk menaikkan rasa sedapnya.

Pecel Rawon


Tidak berhenti di rujak soto saja, ada sekali lagi makanan ciri khas Banyuwangi yang terkesan campur-campur, yakni pecel rawon. Simpelnya, pecel rawon ini yaitu pecel sayur yang diberi siraman kuah rawon. 

Dalam setiap porsinya, pecel rawon memuat bayam, tauge, kacang panjang, serta telur asin. Lalu diberi siraman sambal pecel serta kuah rawon yang gurih. Untuk lauk pelengkap, anda dapat pilih empal atau paru goreng kering yang senantiasa ada.

Sego Tempong


Bila anda suka makanan pedas, jangan pernah melewatkan makan sego tempong di Banyuwangi. Sego tempong ini ialah nasi putih pulen di beri sambal tempong, yang terbuat dari tomat, cabai rawit, terasi, serta jeruk sambal. 

Rasa pedas sambal tempong ini dahsyat sekali. Saat memakannya, ditanggung keringat juga akan bercucuran. Janganlah lupa memakannya dengan beraneka lauk gorengan yang gurih, ya.

Nasi Cawuk


Nasi cawuk adalah sarapan ciri khas orang-orang Banyuwangi. Jadi, janganlah takut bakal kelewatan makanan satu ini. Karna, sementara pagi hari, nasi cawuk dapat anda dapatkan dengan gampang nyaris di semua penjuru kota Banyuwangi. 

Tiap-tiap jumlah nasi cawuk terbagi dalam nasi, jagung muda, irisan timun, serta irisan telur pindang. Kemudian, nasi serta lauk ini disiram dengan kuah santan dan diberi bumbu merah yang rasanya pedas-asam. Bermacam lauk pelengkap dapat anda tentukan, di mulai dari pepes ikan, kikil, sampai dendeng.

Oleh Oleh Khas Banyuwangi

Bagiak


Kue kering yang renyah ini adalah satu diantara oleh-oleh favorite dari Banyuwangi. Kue bagiak di buat dengan memiliki bahan basic tepung sagu, susu, telur, serta kayu manis. Warna kue bagiak putih kecoklatan serta memiliki ukuran sebesar jari telunjuk orang dewasa. 

Untuk anda yang tidaklah terlalu sukai rasa original sagu, sekarang ini kue bagiak telah ada dalam beragam varian rasa. Dari mulai jahe, coklat, susu, pisang, strawberry, bahkan juga durian. Sangat variasi, kan? Pas sekali untuk dibawa pulang serta diberikan untuk rekan dan keluarga. 

Kopi Osing


Banyuwangi di kenal mempunyai salah satunya kopi terenak didunia, yakni kopi Osing. Nama Osing ini di ambil dari nama suku asli Banyuwangi yang berada di Desa Kemiren atau juga dikenal jadi Desa Wisata Osing. 

Kelebihan kopi Osing terdapat dari langkah roasting-nya yang masih tetap tradisionil, yaitu disangrai diatas tungku besar. Meskipun disangrai, kopi Osing sekalipun tidak merasa gosong. Untuk mencicipi serta membelinya jadi oleh-oleh, anda dapat segera datang ke Desa Kemiren. Ada 4 varian kopi Osing, yakni Kopi Kemiren, Kopi Lanang, Kopi Seblang, serta Kopi Pingir.

Rengginang


Oleh-oleh beda yg tidak bisa lupa dibawa pulang dari Banyuwangi yaitu rengginang. Yang membedakan rengginang Banyuwangi dengan rengginang yang lain yaitu bentuk serta langkah membuatnya. Rengginang Banyuwangi bersifat bulat pipih, dibuat memanfaatkan tangan, serta dikeringkan didalam oven. Akhirnya, rengginang Banyuwangi mempunyai struktur yang lebih renyah.

Durian Merah


Bila daging buah durian biasanya berwarna kuning, beda perihal dengan durian yang berada di Banyuwangi ini. Dagingnya berwarna merah! Untuk anda pencinta durian, durian merah ini terang tdk bisa lewatkan utk dicicipi ataupun dibawa pulang jadi oleh-oleh. Rasa durian merah ini sedikit lebih manis. Tetapi, daging buahnya lebih tidak tipis. 

Musim panen durian di Banyuwangi sekitar pada bulan April sampai Mei. Harga belinya kira-kira Rp120. 000 – Rp300. 000. Untuk oleh-oleh, anda dapat beli daging buah durian beku yang lebih aman disimpan dalam perjalanan mobil, kereta, maupun pesawat.

Tagged: ,

0 comments:

Post a Comment

Wisata Kuliner © 2013 | Powered by Blogger | Blogger Template by DesignCart.org