Friday, May 11, 2018

5 Tempat Wisata Kuliner Khas Kota Batu Malang



Wisata Kuliner - Kota Batu adalah sebuah kota di Provinsi Jawa Timur, Indonesia. Kota ini terletak 90 km sebelah barat daya Surabaya atau 15 km sebelah barat laut Malang. Kota Batu berada di jalur yang menghubungkan Malang-Kediri serta Malang-Jombang. Kota Batu berbatasan dengan Kabupaten Mojokerto serta Kabupaten Pasuruan di sebelah utara dan dengan Kabupaten Malang di sebelah timur, selatan, serta barat. Wilayah kota ini ada pada ketinggian 700-1. 700 meter diatas permukaan laut dengan suhu udara rata-rata menjangkau 12-19 derajat Celsius.

Kota Batu dulu adalah sisi dari Kabupaten Malang, yang lalu diputuskan jadi kota administratif pada 6 Maret 1993. Pada tanggal 17 Oktober 2001, Batu diputuskan jadi kota otonom yang terpisah dari Kabupaten Malang. 

Batu di kenal sebagai salah satu kota wisata terpenting di Indonesia karna potensi keindahan alam yang mengagumkan. Kekaguman bangsa Belanda pada keindahan serta keelokan alam Batu buat lokasi kota Batu disejajarkan dengan satu negara di Eropa yaitu Swiss serta dijuluki jadi De Kleine Zwitserland atau Swiss Kecil di Pulau Jawa. Dengan Kota Malang serta Kabupaten Malang, Kota Batu adalah sisi dari kesatuan lokasi yang di kenal dengan Malang Raya (Wilayah Metropolitan Malang). Kota yang begitu populer dengan keindahan serta keelokan ini mempunyai beragam jenis wisata kuliner ciri khas yang perlu anda kunjungi. tetapi sebelumnya anda ke kota batu tentu anda memijakan pertama kalinya di kota malang, oleh karena itu anda juga janganlah ketinggal kuliner ciri khas malang.

Sate Landak Bu Ria


Sate landak pasti terdengar asing di beberapa pembaca, makanan terdengar ekstrim ini yaitu salah satu tempat wisata kuliner ekstrim di lokasi Malang yang pantas Anda cobalah. Makanan dengan daging dari hewan landak ini memanglah terdengar ekstrim, Sebab Landak memanglah bukan binatang yang umum dikonsumsi banyaknya orang. Tapi, untuk anda yang memanglah tertarik untuk coba kuliner dengan sensasi berlainan, dapat cobalah mencicipi nih. Di balik tubuhnya yang dipenuhi dengan duri-duri, nyatanya daging landak memiliki kandungan protein yang tinggi. Sesudah dibuat juga, daging landak demikian lembut serta lezat, karna dibuat dengan rempah-rempah. 

Khoiriyah yaitu yang memiliki tempat tinggal makan ini. Ia telah meniti usaha kulinernya ini mulai sejak tahun 2001 kemarin. Mulai sejak awal buka, warung kepunyaannya ini jadi jujugan beberapa pencinta kuliner ekstrim yang disebut warga Malang sendiri ataupun wisatawan. Pada awalnya terjadinya warung sate landak ini diawali waktu wanita yang akrab disapa Bu Ria ini cuma beberapa cobalah. Ia disuruh tetangganya untuk memasakkan daging landak karna daging ini diakui bisa mengobati penyakit asma. Nyatanya masakan wanita yang mempunyai empat anak ini memperoleh respon positif. Dari situlah, keluar dorongan untuk ibu ria untuk buka tempat tinggal makan yang sediakan sate landak 

Di warung Sate Landak Bu Ria, Anda dapat coba macam menu yang cukup ekstrim untuk dicoba. Sebagian menu ekstrim yang dapat Anda pesan diantaranya seperti sate serta krengsengan landak, sate serta krengsengan biawak, sate bulus, serta beragam menu yang lain. Perlu keberanian untuk menangkap hewan itu, ditambah lagi menelannya. Tetapi, Anda tidak butuh takut untuk coba bertandang serta segera memakan bermacam menu ekstrim itu segera di warung Sate Landak Bu Ria. 

Konon, olahan makanan yang datang dari hewan landak, biawak serta bulus itu diakui bisa mengobati penyakit. Anda yang kebetulan menanggung derita asma, problem kejantanan, dan beragam penyakit yang lain dapat pula berusaha untuk mencicipi menu di warung Sate Landak Bu Ria ini. Masalah rasa, Anda juga akan terasa ketagihan sesudah satu kali coba. Menurut yang memiliki warung ini, atau yang umum di panggil Bu Ria, daging landak serta yang lain yang disajikan dirumah makannya cukup empuk serta sedikit kenyal. Racikan bumbu ciri khas Bu Ria juga adalah hasil uji coba sendiri, hingga citarasanya benar-benar ciri khas serta asli Malang. 

Harga yang di tawarkan cukup beragam. Karna terbuat dari daging hewan yang cukup langka, jadi lumrah bila warung ini menempatkan tarif lumayan tinggi. Seporsi sate ini di bandrol dengan harga 15. 000 sampai 20. 000 rupiah saja, Anda telah bisa nikmati varian menu itu. 

Sate Landak Bu Ria ini berada di Jalan Raya Bugis No. 47 Desa Saptorenggo, Kecamatan Pakis, Kabupaten Malang. Warung ini buka mulai jam 09. 00 pagi sampai 21. 00 malam. Akses menuju warung Sate Landak Bu Ria ini juga cukup gampang. Apabila naik angkutan umum dari arah terminal Arjosari, Anda cuma butuh naik angkutan AT jurusan Tumpang-Arjosari. Warungnya ada sekitaran 500 meter ke arah timur dari wisata Pemandian Wendit.

Pos Ketan Legenda Alun-Alun Batu


Pos Ketan Legenda 1967 yaitu ketan legenda karna memanglah telah berdiri mulai sejak tahun 1967 Kuliner ini telah tidak asing di telinga traveller yang seringkali bertandang ke kota Batu. Bila anda juga akan lakukan perjalanan wisata ke kota Batu Pos Ketan Legenda mungkin saja satu diantara rujukan kuliner yang tidak bisa anda terlewat. Kuliner dengan hidangan paling utama berbentuk ketan yang pastinya berlainan dari umumnya.

Ketan dengan aneka topping jadi hidangan di kedai ini, tidak kurang dari 12 varian yang didatangkan dalam daftar menu. Dengan lokasi yang ada di pinggir alun-alun Kota Wisata Batu, makin menaikkan situasi menyenangkan, karna kita dapat lihat beragam macam hiasan alun-alun Kota Wisata Batu, wisatawan yang datang, musisi serta seniman jalanan, pedagang kaki lima dan sebagainya. 

Sepanjang berjualan, warung ini juga alami gunakan surut konsumen. Walau demikian, kuliner ketan yang diracik dengan beragam jenis inovasi ini saat ini dapat jadi daya tarik sendiri untuk beberapa wisatawan. Nyaris sehari-hari, kedai Pos Ketan Legenda 1967 ini ramai pengunjung. Makin malam Pos Ketan Legenda makin ramai. Bangku penambahan juga di gelar. Jalan raya di sekelilingnya jadi lautan bangku serta konsumen pastinya. Seperti warung-warung tradisionil yang lain, tidak di kenal rencana fast food. Beberapa pencinta bisa nongkrong ditempat ini tanpa ada mesti terasa risih untuk selekasnya angkat pantat. Tidaklah heran bila ditempat ini bercakap dapat menggunakan saat. 

Pos Ketan Legenda Kota Batu sendiri terdapat di samping barat Alun-alun Kota Batu atau lebih persisnya di Jl. KH Agus Salim, Junrejo – Batu. Pos Ketan Legenda di Kota Wisata Batu ini buka sehari-hari mulai jam 15.00 sampai 03.00 WIB. Sedang bila Anda menginginkan memakai sarana lesehan, bukanya mulai jam 22.00 WIB. 

Hidangan makanan yang memiliki bahan basic dari ketan putih maupun ketan hitam ini adalah kuliner yang umum dikonsumsi oleh orang-orang Kota Batu. Dalam perubahannya ketan di Kota Batu digabungkan dengan citarasa keju, coklat, dan susu. Mengenai menu yang dihidangkan oleh Pos Ketan Legenda salah satunya ketan cokelat, ketan bubuk, ketan ayam pedas, ketan susu keju, dan sebagainya. Ketan Ayam Pedas yakni ketan dengan taburan kelapa yang lalu tertutupi dengan racikan suwiran daging ayam dengan sedikit sentuhan rasa pedas. Gabungan gurihnya ketan serta kelapa bisa berbaur dengan rasa pedas dari ayamnya. Ketan Campur yakni ketan dengan kelapa parut yang diguyur gula merah cair. Tapi bukan sekedar itu, bubuk kedelai jadi pelengkap selanjutnya. Ketan Susu Keju yakni ketan dengan susu serta topping parutan keju, gurihnya ketan dapat meredam rasa manis dari susu. Untuk harga menu ketan ini dari mulai Rp. 3.000 hingga Rp. 16.000. Konon menu yang paling banyak diburu yaitu Ketan Durian ; ketan dengan topping durian, susu dann vla durian. Harga nya juga paling mahal, Rp. 16.000, -.

Pecel Kawi


Pecel ini benar – benar khas Kota Batu di Malang, ada di Jalan Kawi hingga namanya diberi nama jadi Pecel Kawi ciri khas Kota Batu. Mulai sejak awal berdirinya Pecel Kawi pada 1975, nasi pecel disini telah mempunyai banyak pujaan. Pecel ini berlainan dengan pecel umumnya dalam soal rasa, karna guyuran bumbu kacangnya yang jadikan pecel ini lebih manis, gurih, serta asin hingga bumbu kacang yang dipakai merasa begitu khusus. 

Pecel kawi dihidangkan dgn demikian banyak bahan yaitu nasi yg ditumpangi tauge, kacang panjang, kangkung, timun, daun kemangi & bebrapa beda & diguyur dgn bumbu pecel & buat pelengkapnya dikasi kripik tempe & peyek kacang. dgn bumbu Pecel Kawi berikut yg bisa membikin banyak pengunjung tempat wisata buat merindukan rasa pedas & gurih. Rasa manis dr bumbu pecel kawi ini amattepat sekali dgn orang jawa timur. & tidak terlalu manis seperti bumbu pecel yg berada di jateng. Di sini tersaji jg bermacam varian lauk seperti ati ayam, telut mata sapi, babat & banyak sekali lagi lauk yg bisa Anda tentukan. 

Sesudah Pecel Kawi tutup demikian lama (sekitaran satu tahun lamanya), karna sang yang memiliki wafat dunia serta tidak memiliki penerus, pada akhirnya Pecel Kawi kembali buka dengan kepemilikan baru. Walaupun dengan kepemilikan yang berlainan dengan kepemilikan aslinya, tapi sesungguhnya juru masak sampai karyawan yang melayani tetaplah sama. Jadi tidaklah perlu cemas mengenai rasa ciri khas nya. 

Warung Pecel Kawi yang terdapat Jalan Kawi No. 43B, Kota Batu Malang yang buka dari jam 07.00 WIB s/d 16.00 WIB. Harga basic nasi pecelnya yaitu 8000 rupiah, dengan menaikkan telur ceplok harga pecel saya jadi 11.000 rupiah. Jika Anda ketagihan serta menginginkan selalu mencicipi nasi pecel ciri khas Pecel Kawi, Anda dapat beli bumbu pecel yang di jual ditempat makan ini. Bumbu pecel di bandrol seharga Rp 80.000. - per kilo nya.

Warung Sate Kelinci

Restoran ini terdapat di Jl. Patimura No. 126, Temas, Batu, Malang. Akses menuju ke restoran ini sangat mudah. Karna letak restoran ini ada di Jalur paling utama Kota Batu menuju Malang. Berdiri mulai sejak tahun 2000, warung sate kelinci ini telah tidak asing sekali lagi di telinga beberapa pelancong kota batu. 

Sate Kelinci telah tidaklah perlu diragukan sekali lagi masalah manfaat serta faedahnya untuk kesehatan. Pasalnya, telah banyak yang menunjukkan kalau konsumsi daging kelinci dapat mengobati beragam jenis penyakit seperti :

Mencegah kanker, karna kandungan niacin, vitamin B12, serta selenium yang ada didalam daging. Beberapa zat itu dapat menghambat perkembangan beberapa sel kanker. Dengan hal tersebut, mengkonsumsi teratur daging hewan herbivora ini dapat menghimpit terserang risiko penyakit kanker.

Mencegah penyakit jantung, Daging hewan lucu ini mengandung kolesterol tidak jemu dengan kata lain kolesterol baik yang dapat menekan kolesterol jahat pada badan. Mineral natrium yang terdapat dalam daging ini bagus juga untuk melindungi kesehatan jantung. Butuh di perhatikan langkah pengolahannya agar khasiatnya tetaplah mujarab, yang paling baik pasti lewat cara di rebus atau dikukus.

Sembuhkan asma, Penyakit asma memanglah membahayakan untuk peneritanya karna dapat sampai tersengal-sengal saat batuk. Disarankan untuk pasien asma untuk konsumsi hati serta jantung kelinci. Hal semacam ini karna zat ketotifen yang terdapat di dalamnya bertindak menghindar kambuhnya asma dengan mendadak. Semakin lebih baik sekali lagi, dibuat lewat cara di rebus atau dipanggang. Jauhi pemrosesan lewat cara digoreng walaupun merasa lebih nikmat.

Masih banyak lagi manfaat dari daging kelinci. Kelinci yang disiapkan di sini yaitu yang berumur 4-6 bln., karna pada umur itu daging kelinci dipercaya mempunyai rasa yang manis serta empuk, bahkan juga keempukannya lebih empuk dari daging ayam. 

Lokasi yang ada di Jl. Patimura No. 126, Kec. Batu, Kota Batu, Jawa Timur 65236, dapat di nikmati mulai sejak jam 08. 00 sampai 20. 00 WIB. Untuk harga nya, Anda dapat pesan satu jumlah yakni 10 tusuk sate dengan satu nasi yang panas dengan harga Rp30. 000. Bumbunya tidak berlainan dengan sate umumnya, karna bumbunya tetaplah memakai bumbu kacang, irisan bawang merah, perasan jeruk nipis serta kecap manis sebagai pelengkap sajian. Diluar itu Anda dapat pesan makanan yang lain, umpamanya Ayam Goreng yang harga nya Rp14. 000 atau terong serta tempe yang harga nya dibawah Rp10. 000. Untuk Anda yang dari luar kota janganlah lupa pesan tempe gorengnya, karna tempe di Batu, terutama Malang adalah tempe yang lezat berlainan dari daerah yang lain. 

Rencana restorannya adalah pondok bambu serta penyajian satenya tidak cuma di piring umum, tetapi di hot plate. Apabila Anda menginginkan nikmati sate dengan situasi sejuk diluar juga dapat, Anda dapat menuju ke halaman di samping Depot yang memanglah sudah disediakan.

Jungle Fast Food Resto


Jungle Fast Food merupakan restoran yang menyajikan nuansa begitu berlainan seperti resto yang lain yang sempat Anda kunjungi. Jungle Fast Food berada di Hotel Pohon Inn persisnya di Jawa Timur Park 2 Batu, walau restoran ini adalah satu diantara sarana Pohon Inn tetapi restoran ini di buka untuk umum. Di Jungle Fast Food ini, Anda lebih di ajak untuk nikmati interior serta kekhasan tempat resto yang satu ini. Dari mulai arsitektur bergaya rimba rimba sampai makan ditemani oleh hewan hewan Secret Zoo terlebih Leopard serta Cheetah sebagai primadona Jungle Fast Food ini. Tetapi Anda tidaklah perlu cemas juga akan kehadiran hewan buas itu karena pihak Hotel Pohon Inn telah menanggung keselamatan Anda dengan dibatasi oleh kaca tidak tipis. 

Walau berjudul Fast Food, namun menu yang dihidangkan tidak berbentuk gerai makanan cepat saji. Restoran ini tawarkan menu prasmanan dan menyuguhkan Indonesian & Oriental Food dengan harga yang cukup terjangkau. Yang buat restoran ini jadi menarik yaitu dengan hadirnya meja makan di atas lantai yang berputar-putar 360 derajat melingkari restoran. Dengan berputar-putarnya tempat dengan begitu perlahan buat Anda seperti lupa tempat awal mulanya yang Anda menempati, serta pastinya Anda juga akan lihat bermacam hewan yang memanglah dipamerkan Pohon Inn untuk temani saat bersantai serta makan Anda di Jungle Fast Food. Serta satu sekali lagi kekhasan yang didapatkan restiran ini yaitu tampilan menarik Jungle Live Show yang juga akan diadakan tiap-tiap jam : 12.00, 14.00, 18.00, & 20.00 wib. Sedikit info, ada himbauan di restoran ini seperti tidak memperbolehkan memphoto hewan di sana dengan memakai Blitz yang di kuatirkan apabila mata hewan itu tersengat sinar anda juga akan disangka daging hewan yang juga akan dimangsanya.

Tagged: , ,

0 comments:

Post a Comment

Wisata Kuliner © 2013 | Powered by Blogger | Blogger Template by DesignCart.org