Wednesday, April 25, 2018

Jajanan Rakyat Dari Bandung

Wisata Kuliner - Siapa yang tidak kenal dengan batagor? sebuah penganan yang di kenal banyaknya orang. Baik orang Bandung ataupun yang datang dari luar Bandung. berasa yang menakjubkan jadikan penganan ini banyak diburu oleh orang orang, baik untuk oleh oleh atau untuk disantap segera. nah, bagaimana sejarahnya penganan ini tercipta. Mari kita simak.

Terciptanya Batagor

Batagor lahir dari ketidaksengajaan. Waktu itu, Isan atau Ihsan yaitu seseorang penjual bakso keliling di seputaran Jalan Kopo, Bandung Tahun 1973. disuatu hari, bakso yang dijajakan kurang laris dijual. Sehari-hari ia pikirkan ingin diapakan bakso, tahu, yang tidak terjual ini. Apakah mesti dibuang, atau diproduksi sekali lagi agar terus hasilkan uang. Lalu inspirasi simpel untuk menggoreng sisa bakso tahu itu nampak lantas dia jalankan seandainya dagangannya tersisa. Pada awalannya bakso tahu yang digoreng itu ia berikan pada tetangga, akan tetapi nyatanya banyak tetangganya benar-benar menyenanginya. Jadi ada tetangga yang disuruh untuk dibuatkan sekali lagi. Melihat ketertarikan tersebutlah, Ihsan mulai coba menjual bakso tahu yang udah digoreng berbarengan baso tahu yang umum dia jual. Diluar perkiraannya, nyatanya yang berminat banyak, bahkan juga berdagang bakso tahu yang digoreng lebih laris dari berjualan bakso saja menurut dia.

Pada akhirnya Isan tambah banyak meningkatkan Bakso Tahu yang digoreng, dengan memberi aroma serta rasa ikan lebih kuat serta tambah banyak, dengan sambal spesial, hingga orang-orang tambah banyak menyebitnya Batagor, seperti yang kita kenal sekarang ini. Sejak waktu itu Isan alami penambahan pelanggan. Sampai dimuka tahun 80 an ia menyewa sepetak lahan untuk berjualan supaya tidaklah perlu berkeliling kampung lagi. Baso tahu gorengnya mulai banyak di kenal. Banyak juga yang menirunya, terlebih yang berjualan di sekitar Bandung. Karena demam Baso Tahu Goreng yang berlangsung waktu itu di Bandung, jadi saat itu banyak pelanggan yang mengatakannya dengan seputan pendek Batagor.

Jangan Lupa Singgah Ke Batagor H. ISAN


Usaha batagor Isan semakin berkembang, dari hasil dagangnya salah satunya ia punya kesempatan dua kali ke tanah suci yakni pada tahun 1991 serta 2003. Sepulang dari beribadah haji, merk dagangnya yang awal mulanya Batagor Isan dirubah jadi Batagor H. Isan, seperti yang kita kenal saat ini. H. Isan meninggal dunia pada th. 2010 dalam umur 79 th., usaha dagannya diserahkan pada satu diantara keponakannya yakni H. Suwarto karna H. Isan tidak mempunyai anak kandung. Kini, warung batagor H. Isan yang ada di jalan Bojongloa No. 38 Bandung, tetap masih disenangi banyak pelanggan setianya, dengan display yang tetap masih simpel serta harga yang relatif murah dibanding batagor populer yang lain di kota Bandung.

Tagged: , ,

0 comments:

Post a Comment

Wisata Kuliner © 2013 | Powered by Blogger | Blogger Template by DesignCart.org